Faktor yang mempengaruhi keputusan penetapan harga jual - Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi suatu harga jual dari sebuah produk suatu perusahaan. Dengan adanya faktor-faktor ini maka nilai harga jual tiap perusahaan akan berbeda-beda. Faktor tersebut menurut Kotler dan Amstong terdiri menjadi dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor penentu harga jual yang berdasarkan analisis internal perusahaan. Sedangkan faktor eksternal merupakan hasil analisis eksternal perusahaan. Mengenai bagaimanakah kedua faktor tersebut dapat mempengaruhi penetapan harga jual akan kita bahas bersama-sama. Selamat membaca.
A. Faktor Internal
Faktor internal disini adalah strategi dari pemasaran suatu produk yang ditawarkan oleh perusahaan untuk konsumen. Sebelum menetapkan harga jual suatu produk hendaknya suatu perusahaan mempunyai strategi dalam memasarkan produk tersebut. Jika perusahaan telah memiliki strategi pemasaran produk yang baik dan mempunyai pangsa pasar yang baik, tentu dengan demikian harga jual dapat disesuaikan dan dapat berjalan dengan baik. Dalam hal ini perusahaan seharusnya memiliki strategi pasar yang bagus, dalam artian bagaimana seharusnya harga itu dapat membuat perusahaan tersebut sukses di pasaran. Perusahaan dapat menurunkan harga pasaran produknya untuk menjaring banyak konsumen, sehingga tidak ada pesaing lain yang dapat masuk ke pasar tersebut, atauakah perusahaan menaikkan harga untuk dapat menstabilkan harga di pasaran yang disesuaikan dengan harga yang di patok oleh pesaing lain. Oleh jarena itu dalam hal ini harga jual sangat mempunyai peran penting dalam membagung kesuksesan suatu perusahaan.
Selain strategi pemasaran yang dilakukan secara individu oleh perusahaan itu sendiri, perusahaan dapat juga menggunakan strategi bauran pemasaran, yaitu dengan cara memanfaatkan pedagang-pedagang eceran untuk membantu memasarkan produk dari perusahaan tersebut. Namun demikian, perusahaan harus cermat dalam menentukan margin harga jual mereka, karena dimungkinkan margin harga jual produk mereka akan semakin tinggi.
B. Faktor Eksternal
Faktor lain selain faktor internal yang dapat mempengaruhi harga jual adalah faktor eksternal. Faktor eksternal disini adalah faktor yang munculnya dari luar perusahaan, dalam hal adalah faktor permintaan. Dalam menentukan harga jual suatu produk, seharusnya perusahaan juga mempertimbangkan berapa besarkah permintaan konsumen terhadap produknya. Dalam hal ini peruhaan harus berhati-hati dalam menentukan harga jual, karena jika harga jual yang dikeluarkan tidak sebanding dengan banyaknya permintaan terhadap produk yang dijual tersebut, tentunya produk tersebut tidak akan sukses di pasaran.
Selain faktor permintaan, ada lagi faktor yang mempengaruhi penetapan harga jual yaitu mutu dan kualitas produk yang ditawarkan oleh pesaing. Dalam hal ini, perusahaan juga harus cermat dalam melihat harga yang ditentukan oleh pesaing dengan melihat mutu dari produknya. Jika memang mutu dari produk pesainng lebih bagus dan dijial dengan harga yang tergolong rendah dipasaran, maka jangan sekali-kali suatu perusahaan memberikan harga yang tinggi terhadap produknya, kecuali jika produk yang dari perusahaan tersebut memang lebih unggil dari segi kualitas.